Saturday, December 12, 2015

Ini Dia Keju Babi, Keju Termahal di Dunia!


PokerCeria  -  Tak hanya dagingnya yang dikonsumsi, susu babi pun ternyata juga dapat digunakan untuk membuat keju. Meski demikian, keju tersebut bukan sembarangan karena tercatat sebagai keju termahal di dunia. Wuih!

Sebelumnya sudah ada keju termahal di dunia yang terbuat dari susu keledai, namun kini reputasi tersebut telah berpindah ke keju babi. Adalah Piggy Palace, sebuah peternakan babi di Bathmen, Belanda, yang meracik keju berbahan dasar susu babi.

Babi sendiri sejatinya tidak memiliki volume susu yang berlimpah sebagaimana kambing atau sapi. Oleh karenanya, tak heran jika sang pemilik rumah peternakan, Erik Stegnik, memerlukan waktu hingga 40 jam hanya untuk memerah susu sekaligus menghasilkan beberapa kilogram keju saja.

Hal tersebutlah, sebagaimana dikutip dari Food and Wine, yang membuat keju babi berharga mahal. Piggy Palace menjual keju tersebut dengan banderol sebesar US$1.690 USD atau sekitar Rp23,5 juta untuk tiap 0,5 kg nya. Sedangkan harga keju keledai adalah seharga US$1.328 (Rp1,86 juta) per kilonya. Meski mahal, banyak yang menganggap keju babi tersebut belum tentu terasa enak.

Anne Saxelby, pemilik toko keju di NYC, misalnya, mengatakan kepada The Kitchn, keju kambing saja masih menyisakan aroma kambing dalam rasa kejunya. Bagaimana dengan babi, hewan yang biasa menghabiskan waktunya--termasuk makan--di air kotor?

Beberapa waktu lalu, Piggy Palace telah mengunggah penampakan keju babi tersebut lewat akun Twitter mereka, @piggyspalace, sekaligus mengabarkan bahwa keju tersebut akan segera dilelang.

"De #varkenskaas is er. Uniek en met veel geduld zeugen gemolken en speciaal kaasmaak procedé. #wereldprimeur" (Ini dia si varkenskaas (keju babi), Unik dibuat dengan kesabaran tinggi untuk memerah susunya serta teknik khusus membuat kejunya)."

Demikian cuitan Piggy Palace di akun Twitter-nya. Bagaimana, tertarik mencicipi keju babi?

No comments:

Post a Comment