Wednesday, November 18, 2015

Ini Gambar Terbaru Bulan Milik Saturnus


CALIFORNIA - NASA baru-baru ini mengungkap gambar terbaru dari bulan milik Saturnus, yakni Enceladus dan Dione yang ditangkap oleh pesawat luar angkasa Cassini. Dari gambar tersebut, terlihat bahwa Enceladus memiliki kandungan es yang terhampar luas.

permukaan Enceladus sepanjang 504 kilometer dilapisi oleh butiran es. Es tersebut menjadikan Enceladus tampak cerah ketimbang Dione, yang usianya lebih tua dengan permukaan sepanjang 1.123 kilometer.

Cassini mengabadikan orbit bulan milik Saturnus pada 8 September 2015. Pesawat luar angkasa milik badan antariksa asal Amerika Serikat itu mengabadikan gambar Enceladus dari angle tertentu, di mana Cassini berada dekat dengan Dione.

Tepatnya, Cassini berada pada jarak 364 ribu kilometer dari Enceladus dan berada di jarak 83 ribu kilometer dengan Dione. Tampilan gambar juga memperlihatkan Dione yang memiliki detail permukaan yang tidak rata atau berlubang-lubang, persis seperti Bulan milik Bumi.

Pada 2012, penelitian menunjukkan 'jejak' oksigen (O2) pada Dione. Penemuan itu didukung melalui Cassini yang mendeteksi keberadaan gumpalan oksigen. Diperkirakan, energi dari medan radiasi yang intens di Saturnus atau partikel bermuatan dari matahari mampu merangsang atom oksigen di dalam es, sehingga gas O2 ini terlepas.

1 comment:

  1. Mari Bergabunglah Bersama menangdomino99, menawarkan Berbagai Jenis Permainan Menarik.
    1 ID untuk 8 PERMAINAN ( NEW GAME : BANDAR 66!!! )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik dari menangdomino99..!!
    - Bonus cashback 0,3% setiap hari
    - Extra Bonus Cashback Setiap Minggunya
    - Bonus Referral 20% Dibagikan Setiap Minggunya.
    - Minimal Deposit hanya 15 Ribu
    - Minimal Withdraw hanya 15 Ribu
    Untuk info lebih lanjut Silahkan hubungi Cs menangdomino99
    PIN BBM : 2AFFCE66
    Instagram : menangdomino99

    ReplyDelete